Jumat, 10 Juli 2009

Ter inspirasi untuk ngefacebook

Oleh:Sujono sa’id

Facebook adalah media social networking, karena melalui tempat ini kita dapat bersilaturrahmi dengan teman, shering, dan lain-lain sebagainya. Sebenarnya, facebook sudah lama saya dengar, tetapi baru tertarik ketika saya sering menemui teman-teman saya di luaran sana cerita tentang facebook dengan bangganya memperkenalkan temannya. Ternyata selama ini saya hanya kenal Yahoo masenger saja untuk cheting.
Akhirnya keinginan saya memuncak sejak saya pernah menjadi pembicara di Amerikan English school ketika saya mengikuti debat bahasa inggris dengan tema internet is the leding source and knowledge depelofment in society today.
Akhirnya, sayapun memikirkan bagai mana caranya agar bisa main facebook juga, ternyata setelah saya pelajari, agak susah-susah gampang. Di satu sisi, facebook betul sudah aksesible bagi kaum tunanetra, tetapi lagi-lagi masih ada hal-hal tertentu yang belum dapat dibaca oleh jaws seperti tempat cheting, dan memasukkan kode, kecuali dibantu dengan web fisum, karena saya kalau mau meng add member untuk memasukkan kode membutuhkan teman yang non tunanetra, tetapi dengan bantuan web fisum sekarang ngga’lagi, karena sudah sangat terbantu oleh web fisum.
Akhirnya setelah ujian nasional, saya minta di buatkan facebook pada teman saya, diapun memenuhi keinginan saya dan akhirnya pada tanggal 16-7-2009, facebook sayapun saya loundcin dengan memberikan komentar kepada teman lama saya yang sangat saya andalkan. Kemudian saya belajar membuat mine saya di dinding facebook.
Setelah itu, saya kemudian mencari member untuk berbagi di facebook al-hamdulillah, sudah ada kurang lebih 20 an member dan mulai dari penulis buku mencari jejak amarah, sampai dengan teman-teman saya di organisasi saya termasuk juga teman saya yang sekarang ini sedang kuliah di Amerika. Di facebook, saya selalu memperoleh info yang bermanfaat seperti tentang shalat, puasa, politik, social, dan hal yang masih santer sampai sekarang yaitu tentang general election alias pemilihan umum.
Tetapi, saya melihat ada juga member yang cerita tentang kucingnya yang suka mengganggu, ada juga yang cerita tentang yang nggak bermanfaat, tetapi itulah facebook hanya tempat buat nulis karangan pendek jadi saya juga sedikit agak malas, tetapi akhirnya saya menemukan ide untuk menulis di facebook kalau yang saya tulis haruslah memprofokasi member saya, dan harusnya yang saya tulis adalah hal yang informative.
Terkadang, saya kalau buka facebook, saya hanya tertawa sendiri, karena tulisan-tulisan itu, tetapi terkadang saya juga kasi komen kalau ada yang memprofokasi saya seperti semalam, saya membaca tulisan dari mba’ inka tentang siapa yang di untungkan kalau SBY yang menjadi the winner of election, saya juga ngasi jawaban.
Tetapi, janganlah juga kita terlena dengan keberadaan facebook, karena dengan keberadaannya, kita akan rusak olehnya baik dari segi mental maupun dari segi wawasan serta fisik kenapa terkadang kalau ada yang main facebook, sudah tidak nyari lagi informasi di tempat lain, karena mereka sudah cheting dengan si do’I mungkin atau dengansiapa, dari segi fisik, kita juga akan menjadi sakit karena lewat tengah malam baru tidur, dan lain sebagainya. Tetapi, semua itu terpulang kembali ke kita. Saya mau ngucapin terima kasih buat ka’neni, yang udah mau jadi member saya, aulia, ka’ nursyam, ka’made, dan kakanda-kakandaku yang lain hanya ini yang dapat ku sampaikan sebagai rasa penghargaan saya buat kalian semuanya yang tiada pernah terhenti.

Tidak ada komentar: