Minggu, 19 Juli 2009

Menciptakan sebuah nama

Oleh:Sujono sa’id

Seseorang dapat dipandang dikarenakan oleh beberapa hal seperti potensinya, perilakunya, kerajinannya dalam ber ibadah, jabatan dan lain-lain sebagainya, bahkan sampai meninggal duniapun mereka dilepas dengan berbagai macam bentuk penghormatan. Oleh karena itu, untuk menciptakan nama kita tahu bukan hal mudah.
Sesungguhnya, Allah menciptakan kita sebagai seorang manusia dengan berbagai potensi yang dengan potensi itu kita dapat menciptakan nama seperti ketika kita memiliki suara bagus seperti maikel jaction, punya kemampuan yang bagus dalam memberikan motivasi seperti andrie wongso, dan kaum intelektual lainnya maka kita akan mampu untuk menciptakan sebuah nama yang akan dikenal oleh masyarakat sekitar rumah, kabupaten atau kota, propinsi, nasional bahkan sampai ke tingkat dunia.
Tapi, rata-rata yang saya temukan mereka-mereka yang telah berhasil menciptakan nama yang terkenal apakah dari segi intelektual, atau dengan potensi lainnya, berawal dari sebuah kerja keras ada yang meng habiskan masa sekolahnya dengan melakukan aktivitas sambilan seperti menjajahkan kue di warung, memancing ikan, dan melakukan hal-hal yang sebenarnya orang lain akan mentertawakannya.
Mereka juga mampu untuk menciptakan sebuah nama karena mereka selalu bermimpi tetapi bukan hanya sekedar mimpi tetapi mereka mencoba untuk merealisasikan mimpi-mimpinya ketika mereka-mereka memperoleh kesempatan. Selain sering bermimpi, mereka-mereka juga sangat agresif dalam melihat peluang untuk mereka memasuki ruang-ruang yang telah terbuka bagi mereka untuk menjemput kesuksesan mereka dengan sedikit-demi sedikit, sehingga mereka berhasil.
Kecerdasan yang mereka andalkan dalam menciptakan bukan hanya sekedar kecerdasan intelektual belaka, tetapi kecerdasan yang sering berperan adalah kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Kecerdasan emosional yang saya maksud adalah memperbaiki hubungan interpersonal, serta berfikir dan berespon positif ketika memandang sesuatu serta ketika mereka memperoleh sinyal yang kurang nyaman.
Sedangkan kecerdasan spiritual yang dimaksud adalah selalu menyerahkan hasil usahanya kepada yang telah menciptakannya, sebelum saya lupa, saya ingin menjelaskan sedikit tentang kecerdasan spiritual, spiritual berasal dari kata spirit yang berarti kekuatan, keinginan, atau semangat yang membakar diri kita sehingga menciptakan optimisme, semangat yang membara, serta spirit yang juga dimaksud adalah kedekatan terhadap yang menciptakan kita yaitu zat yang tidak akan pernah diserupakan.
Selain 3 kecerdasan tersebut, nama baik yang mereka usahakan untuk tercipta tidak akan mungkin menggema di se antero dunia ketika Allah belum menghendaki, tetapi ketika Allah menghendakinya maka nama tersebut akan tercipta dengan jalan yang tidak disangka-sangka. Intinya, untukmenciptakan nama baik dan terkenal tidaklah mudah, karena semua itu butuh perjuangan serta hal-hal yang menjadi pendukung.
Inilah yang dapat saya tuliskan berdasarkan apa yang telah saya ketahui, saya sadar bahwa saya tidaklah sehebat penulis artikel lainnya, tidak sehebat teman-temanku yang lain, tetapi dengan tulisan ini saya akan mampu untuk menciptakan nama, dan saya selalu menanamkan sikap optimisme dalam diri saya sehingga dalam kehidupan saya selalu diliputi dengan kebahagiaan, meskipun saya juga sering merasa betmut.

Tidak ada komentar: