Selasa, 28 Juli 2009

Pengumuman yang belum pasti

Oleh:Sujono sa’id

Hari ini, Selasa 28-7-2009, saya semakin gelisa, karena saya sudah yakin betul kalau saya akan lulus. Tetapi masalahnya saya belum tahu kapan pengumuman akan berlangsung, sebab ada beberapa opsi seperti tanggal 30 menurut informasi dari Abdulrahman gusdur teman saya, 4 Agustus fersi Wilda teman saya, dan ada juga tanggal 2 Agustus fersi Anhar teman saya. Saya rasa, kalau saya pengumuman, kemudian belum ada ruang untuk kuliah tahun ini, maka saya rasa tidak masalah mungkin tahun depan atau ada peluang kerja yang akan membuat saya mampu membiayai diri saya.
Sejak 2 hari ini, saya sering mencari informasi lewat berbagai sumber yang saya tahu dan saya kenal, tetapi saya rasa kalau pengumuman itu tertunda sampai agustus, saya rasa tidak masalah karena saya rasa kalau saya sudah memperoleh lapangan kerja, maka insya allah, saya akan mampu untuk memperoleh masa depan saya.
Selain pengumuman yang kapan pastinya, saya juga belum tahu dimana saya akan melihatnya, apakah saya akan mengeceknya di dinas pendidikan, atau di Koran, atau di tempat lain. Tetapi saya yakin kalau saya mempunyai peluang yang sangat besar untuk lulus, karena saya merasa bahwa inilah saatnya kelulusan saya tertunda.
Terkadang, selama penantian ini, saya selalu dalam keadaan gelisah, tetapi sya selalu mencoba untuk menanamkan kebahagiaan dengan mengamalkan ajaran yang di ajarkan dalam sebuah konsep yang tergabung dalam 7 rumus untuk memperoleh kebahagiaan atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah the7 low’s of happiness.
Salah satu dari the7lows of happiness, yang saya amalkan ajarannya adalah kesederhanaan atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah simplysity atau dikenal dengan artian kesederhanaan. Kesederhanaan yang saya maksud adalah kesederhanaan dalam memikirkan segala sesuatu yang menjadi problem dalam kehidupan saya contohnya, ketika tahun ini saya belum dapat kesempatan untuk kuliah, karena pendaftaran sudah tutup tapi pengumuman baru keluar, maka saya tidak usah kuliah dulu, bahkan kalau dalam waktu setahun tetapi saya dapat kerja yang layak, maka saya ngga’ usah kuliah lagi tinggal ngurusin bisnis. Saya rasa ini adalah hal yang simple.
Simplysity ini, adalah konsep ajaran the7low’s of happiness yang ke 3, bahkan salah satu dari konsep inilah yang membuat saya tidak setres ketika saya tidak lulus waktu ujian nasional karena saya mengamalkan beberapa konsep yaitu syukur, sabar, dan saya juga mencoba untuk menyederhanakan fikiran dalam mencari solusinya.
Saya kira, dalam hidup ini, kita tidak boleh membuat hidup kita ini menjadi susah tetapi buatlah hidup kita dalam keadaan sederhana, selalu optimis, dan selalu siap dalam menghadapi resiko yang akan bermunculan saat mengambil tindakan. Olehnya itu, saya kira ketika fikiran kita selalu fleksibel, maka hidup kita akan dalam keadaan bahagia.
Mudah-mudahan, besok sore, saya akan memperoleh titik terang tentang kapan dan dimana saya akan melihat hasil ujian saya, dan tentu saya berharap agar pengumuman tersebut adalah jawaban dari pertanyaan saya tentang sampai kapan kelulusan saya tertunda. Saya juga memohon semoga Allah memberikan saya kekuatan untuk menjalani perkuliahan dengan jurusan yang telah saya pilih selama saya menjalani perkuliahan, jadi mama saya senang, saya senang, dan saya juga hidup bahagia adalah harapan saya dan tentu harapan setiap orang yang mempunyai keinginan untuk itu.

Tidak ada komentar: