Jumat, 10 Juli 2009

ISI HARI KEBANGKITAN NASIONAL DENGAN SEMANGAT BARU

Oleh:Sujono sa’id

20-5-2009, adalah peringatan seratus satu tahun kebangkitan nasional, hari ini saya kembali memperoleh nikmat dari ilahi karena pada waktu sehari setelah hari kebangkitan saya berkesempatan untuk menuliskan perasaan saya tentang sebuah momen yang telah saya ikuti pada tanggal 20- mei malam di Celebest confention center.

Momen yang mana yang saya maksud? Yang saya maksud adalah sebuah momen peringatan hari kebangkitan nasional yang di isi dengan kegiatan seminar dengan tema Tomorrow will be better dengan pembicara yaitu sang number one motivator siapa lagi kalau bukan Andriewongso, seorang yang menjadi alumni SDTT yang sekarang ini telah menjadi pembicara public dan selalu memberikan spirit di berbagai tempat.

Saya ikut seminar tersebut tidaklah sendiri tetapi saya bersama dengan teman-teman dari persatuan tunanetra Indonesia, kami berangkat meninggalkan asrama Yapti pada pukul 6.300 dengan menggunakan mobil dinas Yayasan pendidikan tunanetra Indonesia, sesampainya di sana kami terlambat masuk karena kami di halangi oleh kemacetan yang luarbiasa sebagaimana luarbiasanya antusiasme masyarakat yang ingin menjadi orang-orang yang lebih baik di hari esoknya dengan semangat yang baru.

Sesampainya kami di ruangan seminar, kamipun langsung mengambil tempat duduk yang paling belakang tetapi nggak belakang-belakang amatji kodong, bayangkan seminar yang saya ikuti sungguh luar biasa kenapa? Saya mau bilang luar biasa dari berbagai hal luar biasa pesertanya, karena jumlah peserta mencapai 3500 orang.

Luar biasa pematerinya, karena pematerinya adalah seorang motivator nomor satu, luar biasa materinya, dari segi penyajian, karena selain disajikan dalam bentuk teori, juga kita diperhadapkan dengan realita yang ditampilkan lewat video dan power point.

Realita yang di perlihatkan adalah realita tentang bagaimana ia ketika masih kecil dulu, serta realita tentang sebuah bukti yang mengatakan bahwa tidak ada sesuatu yang imposible ketika kita melakukan sesuatu usaha untuk merubanya menjadi very possible dengan kesungguhan, spirit, komitmen, serta kemauan dari dalam diri kita.

Mengenai materi penumbuhan spirit, menjadi seorang yang berjiwa nasionalisme, kita di putarkan sebuah lagu ibu pertiwi, saat lagu tersebut di putar, rasanya tubuh ini gemetaran karena jiwa nasionalisme saya kembali muncul, selain penumbuhan keinginan dalam diri setiap manusia, materi yang di berikan juga mengenai bagaimana kita seharusnya menata sikap terhadap kondisi bangsa ini yang luar biasa hancurnya.

Untuk materi ini, kita diputarkan sebuah lagu dari Ebit, yang bercerita tentang sebuah kejadian yang melanda dunia khususnya indonesa yang juga banyak menjadi penyebabnya adalah manusia sendiri yang kemudian ketika keganjalan ini sudah terjadi, manusia pulalah yang mengkritisi kejanggalan serta kekurangan di Negara kita.

Intinya, bagi saya apa yang telah saya hadiri semalam adalah a histori un forgettable moment, karena saat itu saya pulang dengan membawa sebuah harapan bahwa hari esok saya ingin menjadi yang terbaik kemudian keesokan harinya, lebih baik lagi dan begitu seterusnya. Setelah acara selesai, kami rombongan dari DPD pertuni kembali memperoleh sebuah kesempatan emas untuk melakukan voto bersama pak andrie. Apa yang saya tangkap dari materi semalam? Yaitu bahwa untuk merubah Indonesia menjadi lebih baik harus dengan kemauan, spirit, komitmen, dan diakhiri dengan sebuah aksi.

Tidak ada komentar: