Jumat, 10 Juli 2009

AKHIR LIBUR YANG MENYENANGKAN

Oleh: Sujono sa’id

Wah!, saya sangat senang sekali sebab di akhir tahun 2008, ternyata ditutup dengan sebuah kegembiraan sebab prestasi akademik saya ternyata mengalami peningkatan. Ya! Artinya tuntas semua, liburan smester satu mulai jatuh pada tanggal 2 januari 2009. Selama liburan, saya tidak pernah keluar kota, atau pulang ke rumah keluarga seperti adik, sepupu, atau kerumah keluarga yang lain, tapi di asrama aja.
Tetapi sebelum tanggal 2 Januari, sudah dimulai dengan liburan tahun baru masehi. Malam tahun baru masehi adalah malam dimana saya pertama kali menikmati suasana yang menyenangkan dengan mengikuti acara nonton bareng yang kemudian dilanjutkan dengan baker-bakar jagung aha! Sungguh nikmat rasanya malam itu.
Malam itu, sepulang saya dari Aula kampus Yapti yang tercinta saya langsung menerima pesan pendek yang masuk ke phonsel saya yang berbunyi selamat tahun baru 2009 yang dikirim oleh Yuyun sepupu saya di kendari. Rasanya capek sekali tetapi semua itu hilang. Akhirnya pada malam itu, saya menghubungi nomor Yuyun.
Dalam pembicaraan antara saya dan Yuyun, saya menceritakan banyak hal mulai dari tentang kesehatan ibu saya di selayar, sampai ke hal-hal yang lain-lain. Ketika saya ditanya tentang planning saya selama liburan, saya hanya mengatakan kalau saya tidak kemana-mana tetapi tinggal di asrama saja karena ketika saya pulang, saya rasanya puas banget, tetapi ilmu saya akan berkurang, tetapi dia bilang jangan terlalu serius. Saya tiba-tiba membuat kesimpulan bahwa mungkin dia membayangkan kalau saya tidak pernah berhenti untuk belajar meskipun waktunya libur padahal belajar bukan hanya baca buku, tetapi buka-buka internet juga kita dapat menemukan banyak pelajaran.
Selama liburan sejak tanggal 2 januari 2009, saya memulai kegiatan liburan saya dengan mengikuti kegiatan rapat antara binaan Yapti dengan pengurus Yayasan pembinaan Tunanetra indonesia yang dipimpin oleh Bapak Saiful soleh selaku ketua Yayasan. Kemudian dilanjutkan dengan shalat jumat setelah shalat jumat, saya, melanjutkan dengan kegiatan saya yaitu browsing di internet dengan mengakses blog.
Blog yang saya akses, bukanlah blog sembarangan tetapi blog yang bisa menjadi inspirator bagi saya untuk menata kehidupan yang lebih baik. Tetapi kegiatan yang sudah terjadwal setiap harinya adalah sejak bangun adalah shalat shubhu, kemudian tidur lagi barang beberapa jam, kemudian pukul 07.00, saya menikmati sarapan pagi dan kopi goot day yang membuat saya semangat setiap hari every time dan every day.
Sekitar pukul 9.00, saya melakukan aktifitas saya kembali yaitu browsing di internet dengan membaca postingan terbaru dari kanda Mas Muliadi, Wennyaulia, Aulia87, mis Fety, dan blogger-blogger andalan yang sering saya datangi blognya. Setelah browsing barang beberapa jam, saya melaksanakan shalat duhur di mushallah Yapti, kemudian dilanjutkan dengan makan siang, setelah itu kembali ke kamar untuk mendengarkan siaran radio andalan saya yaitu radio masjid babulsalam yaitu mendengarkan cuap-cuapan penyiar andalan saya yaitu Jusdi, aifa, dan fatma.
Setelah shalat magrib, saya bersama seluruh binaan Yapti mengikuti pelajaran kiraah yaitu memperbaiki bacaan al-quran, kemudian dilanjutkan dengan sholat isya, dilanjutkan dengan makan malam bersama-sama dengan teman-teman binaan, sungguh terasa indah ketika saya memperoleh kesempatan untuk makan malam bersama.
Malamnya, saya menggunakan computer kembali untuk menulis hal-hal yang saya sempat temukan in my adfenture of the internet, tentang perasaan saya selama liburan. Dalam kegiatan menulis saya, saya sempat menyelesaikan sekitar dua tulisan dalam semalam, terkadang saya memperoleh tantangan saat menulis yaitu ngantuk. Ternyata tanpa terasa tibalah hari selasa tepatnya pada tanggal 6 Januari-2009, saya sangat bersedih, sebab saya tidak sempat melaksanakan agenda saya secara optimal, dan saya sempat kurang menerima kalau saya harus mulai bersekolah kembali pada hari rabu tanggal 7 Januari 2009. Malam Rabu, saya tidak dapat tidur karena saya memikirkan apa-apa yang saya sempat takutkan setelah masuk sekolah nanti, mungkin setelah masuk sekolah, saya sudah tidak punya waktu banyak untuk menulis karena harus mempersiapkan diri dalam menghadapi uan dan uas untuk mengakhiri hidup di SMU.
Akhirnya, keesokan harinya tepat pada tanggal 7 Januari, saya sudah kembali masuk sekolah, saya sudah harus mempersiapkan hal-hal yang harus saya siapkan untuk mengikuti ujian akhir nasional dan ujian akhir sekolah, dan ternyata saya punya waktu untuk menulis sangat sedikit hanya empat hari saja dan harus saya gunakan sebaik-baiknya, karena empat hari itu adalah nikmat ilahi yang harus saya syukuri.
Meskipun begitu, saya telah menikmati hari-hari libur yang begitu indah, meskipun hanya selama seminggu saja ketimbang tidak ada sama sekali, semoga saya mampu menyelesaikan pendidikan saya dengan prestasi yang memuaskan. Saya juga sering-sering bertanya-tanya kepada diri saya apakah saya akan lulus saat ujian?.
Tetapi saya percaya, bahwa ketika saya belajar, tidak banyak main, dan belajar bersungguh-sungguh, maka saya akan menjadi siswa yang mampu menyelesaikan pendidikan dengan nilai yang memuaskan dan mampu untuk di andalkan, bahkan ketika saya diperhadapkan dengan masa-masa terakhir seperti sekarang ini, saya teringat akan sebuah tulisan yang dibuat oleh kanda Aulia pada blognya yang berjudul berakhir sudah.
Tulisan tersebut meng isyaratkan bahwa kita harus mampu untuk memenej waktu yang telah diberikan oleh Allah, sebab sekali lagi saya katakan bahwa waktu adalah pedang yang ketika kita tidak mempergunakannya, maka waktu akan mendahului kita dan kita tahu bersama kalau waktu tidak dapat diputar kembali dan akan terus berjalan.

Tidak ada komentar: