Rabu, 10 September 2008

Menolong agama Allah OLEH: SUJONO SA’ID

Sebuah kesyukuran bagi saya sebagai orang Islam meskipun saya tak mampu melihat ciptaan Allah yang ada di permukaan bumi ini sebab saya mempunyai kesempatan untuk menolong agama Allah yaitu agama Islam.
Pertolongan yang telah saya lakukan untuk menolong agama Allah adalah adanya kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menghendel dua buah rumah suci yang kedua-duanya adalah posko pengaduan kita kepada Allah yaitu Mushallah tarbiatul ittihadul ummah Yapti dan Mushallah Husnulkhatima SMU Negeri 4 Makassar.
Kedua rumah suci tersebut selain merupakan Posko pengaduan kita kepada Allah, juga merupakan gudang ilmu bagi seluruh ummat Islam yang ada di sekitarnya dan juga merupakan gudang ilmu bagi saya selaku orang yang memberikan pertolongan kepada Allah, saya sendiri sangat merasakan akibat yang telah ditimbulkan oleh perbuatan yang telah saya lakukan sebagai orang Islam.
Keikhlasan dan kesabaranlah yang menjadi modal yang harus dimiliki dalam melakukan perbuatan ini, sebab tanpa keikhlasan, kesabaran, dan kecintaan kepada Allah maka dalam melakukan pertolongan terhadap agama Allah kita akan menganggap berat pekerjaan yang sebenarnya merupakan pekerjaan yang ringan.
Terkadang saya bertanya-tanya” apasih yang membuat hati saya menjadi senang? Padahal saya menjadi pengurus Mushallah tidak pernah mendapatkan gaji sepeserpun”. Ternyata meskipun saya tidak mendapatkan gaji sepeserpun, saya tetap senang sebab saya telah mendapatkan rahmat darinya, maka saya berkesimpulan bahwa kesenangan yang telah Allah berikan lebih berharga ketimbang gaji yang diberikan seandainya ada.
Memang saya sadar bahwa saya sendiri sangat membutuhkan uang sebagai alat untuk mendampingi saya dalam meniti hidup ke depan, tetapi uag tidak akan saya bawa ke hadapan Allah, yang saya bawa kehadapan Allah adalah pertolongan yang telah sayalakukan insya Allah jika kita melakukan suatu kebaikan, maka kita akan mendapatkan sesuatu yang baik pula, kalau kita membuat suatu perumpamaan jika kita menanam Mangga, tentu yang tumbuh bukanlah jagung tertapi yang tumbuh adalah mangga itu sendiri.
Selain kesabaran, keikhlasan, dan kecintaan kepada Allah, untuk menolong agama Allah kita harus memiliki sifat Fatanah, Amana, Siddik, Tablik. Salahsatu bentuk pertolongan terhadap agama Allah selain menjadi pengurus Masjid atau Mushallah menyampaikan da’wa juga adalah salah satu bentuk pertolongan kepada agama Allah.
Dalam menyampaikan da’wa kita harus memiliki sifat Fatonah sebab dengan sifat Fatonah kita akan sukses dalam menyampaikan da’wa, sebab kita bisa menguasai berbagai metode dan fatonah itu sendiri ber arti cerdas, selain fatonah kita harus memiliki sifat bilhikmah sebab dengan sifat bilhikmah kita akan berda’wa tanpa harus bentrok dengan orang yang kita da’wai.
Menjadi pengurus Mushallah, kita harus memiliki sifat Assiddik, dan amanah, sebab dengan sifat amanah kita akan menjadi orang yang terpercaya, sehingga kita akan menjadi orang-orang yang diperhitungkan.
Saya sebagai manusia yang bercita-cita menjadi penolong agama Allah sangat bersyukur sebab dengan kesempatan yang telah saya peroleh untuk memberikan pertolongan telah saya gunakan, semoga perbuatan yang saya lakukan bernilai ibadah dan saya tidak ingin mengharap materi, tetapi dalam menolong agama Allah mudah-mudahan saya tidak menjadi orang yang ria’, sebab jika kita dalam keadaan ri’a, maka sesuatu yang kita kerjakan akan amburadul hasilnya.
Dan jika kita memiliki harta, maka tolonglah agama Allah dengan hartamu, dan jika kamu tidak punya harta, tetapi anda mempunyai ilmu, maka tolonglah agama Allah, dengan ilmu, tetapi jika kamu mempunyai keduanya maka tolonglah agama Allah dengan menggunakan keduanya. Maksudnya adalah menolong agama Allah dengan harta maka keluarkanlah harta untuk pembangunan Masjid, menolong agama Allah dengan ilmu yaitu ajarkan ilmu agama kepada orang-orang yang sangat membutuhkan, menolong agama Allah dengan keduanya jika kita mempunyai ilmu, maka ajarkan dan jika kita mempunyai harta, maka kita menggunakan harta untuk mengajarkan ilmu agama .

Tidak ada komentar: