Minggu, 27 Februari 2011

Apa rumusan terciptinya sebuah prinsip?

Kemarin, saya secara kebetulan latihan membuat CV atau yang jika disingkat dengan istilah curiculum vitay. Tiba-tiba saya akan menuliskan sebuah prinsip hidup dan ternyata setelah saya coba-coba gali apa yang telah menjadi sebuah cirikhas bagi diri saya ternyata prinsip hidup saya ada 3(tiga) yaitu membaca, melakukan, mengamati, dan merasakan manfaatnya. Kita mulai dari membaca, saya sudah mulai sering membaca buku-buku motifasi yang telah ditulis oleh para penceramah publik, setelah itu sayapun mencoba mengamalkannya. Setelah itu, sayapun melihat realita yang merupakan pencocokan dari informasi yang telah saya peroleh di dalamnya yang kemudian sayapun membuat sebuah hipotesis tentang kejadian yang dialaminya. Itulah yang saya sebut dengan membaca, melakukan dan mengamati. Setelah itu, sayapun merasakan apa yang menjadi manfaat dalam kehidupan yang saya rasakan sejak saya mulai membaca sampai dengan sekarang ini. Cara pandang sayapun terhadap segala sesuatu telah banyak berubah, sehingga sayapun tidak menjadi tunanetra dobel artinya sudahlah buta dari segi pandangan, sayapun buta darisegi carapandang, ini justeru akan menyusahkan hidup kita dalam keseharian kita. Itulah mengapa rakyat Indonesia banyak merasakan kekecewaan?, karena mereka terlalu memberikan espektasi yang begitu tinggi. Sehingga, ketika mereka sudah tidak nyaman dengan sebuah kondisi maka merekapun melampiaskan kekecewaan yang mereka rasakan saat ini. Itulah akibat dari cara pandang yang salah juga akan menghasilkan tindakan dan keputusan yang salah. Prinsip ini juga saya gunakan dalam menyikapi sebuah masalah dalam kehidupan ini ketika ada informasi yang saya terima itulah yang saya samakan dengan membaca, maka saya harus menindak lanjuti informasi tersebut. Setelah itu, saya sinkronise dengan realita yang terjadi apakah cocok atau tidak. Setelah itu, sayapun melakukan sebuah tindakan, jadi kesimpulannya saya tidak mudah ter profokasi oleh siapapun dalam mendengarkan sebuah informasi yang saya dapatkan dalam setiap saya bertindak.

Tidak ada komentar: