Sabtu, 27 Maret 2010

Kondisi LK 2 FH UIT

oleh:Sujono sa'id Tanggal 19-3-2010, tepat pada pukul 16 saya dan seluruh teman-teman saya menuju kelokasi trayning untuk mempersiapkan diri saya dalam rangka mengikuti LK 2 yang merupakan lanjutan dari LK yang pernah saya ikuti beberapa bulan yang lalu sebelum saya memasuki tahap pembelajaran di kampus. Sesampainya saya di benteng somba opu, saya langsung menuju ke Rumah adat Enrekang yang menjadi lokasi pelatihan saya dan seluruh teman-teman angkatan 09. Sesampainya disana, saya dan teman-teman membantu panitia untuk membenahi ruangan yang akan kami gunakan ketika kami akan melaksanakan pelatihan tersebut. Setelah semuanya rampung, sayapun bergabung dengan teman-teman dan juga dengan kanda senior. Selama saya ikut ningrum dengan kanda senior, saya banyak memperoleh banyak ilmu. Setelah masuk waktu magrib, saya dan beberapa teman saya melaksanakan shalat magrib. Setelah itu tepat pada pukul 19 malam, acara langsung dimulai diawali dengan laporan ketua panitia, sambutan dari wakil ketua bem FH UIT, sambutan dari Delegasi MPM oleh kanda Asma, dan diakhiri dengan sambutan singkat dan pembukaan oleh ketua bem FH UIT. Setelah semua acara selesai, kamipun mengikuti acara makan malam bersama-sama dengan teman-teman, dan juga kanda senior. Setelah makan malam, saya dan peserta lain langsung menyiapkan diri untuk mengikuti materi yang akan disajikan sebentar dan akhirnya materi tersebutpun dimulai dengan Kepemimpinan yang visioner oleh kanda Arif, selama beliau membawakan materi kepemimpinan, saya banyak memperoleh ilmu tentang berfikir, bahkan menurut pengamatan dari kanda arif, saya dari segi tingkatan berfikir sudah diatas rata-rata tingkat wawasan saya yang harus di apdet agar semuanya saling mendukung. Setelah itu masuklah materi ke 2 yaitu teknik pengambilan keputusan, dalam materi tersebut saya dan beberapa peserta sudah mulai ngantuk. Sedangkan materi ke 3 yaitu management aksi yang membahas tentang demonstrasi dan cara mengatur demonstrasi menurut saya materi tersebut sangat menarik. Setelah itu, sayapun mengikuti materi yaitu Analisis swot dalam materi ini peserta tidak mengantuk karena panitia menyiapkan kopi dan snek untuk dinikmati meskipun peserta sudah sangat mengantuk selama mengikuti materi tentang analisis swot. Tanpa terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 3 kami tidak diperbolehkan untuk tidur, namun tetap di isi dengan acara nangis-nangis tengah malam. Setelah nangis-nangis tengah malam, saya dan seluruh peserta tertidur pulas. Pagi harinya, saya dan teman-teman bangun dan menikmati segelas teh dan kue kotak yang telah disiapkan oleh panitia. Setelah itu, kamipun mengikuti efaluasi, dalam efaluasi saya tidak menyangka kalau saya lulus sendirian. Ternyata, itu hanyalah drama yang di dalamnya terdapat pesan agar kita selalu menjaga kebersamaan. Setelah saya tahu kalau itu hanyalah sebuah drama, saya akhirnya turun dari tempat yang saya tempati sebagai peserta yang lulus yaitu di atas panggung yang menjadi tempat stering komite. Saya turun dalam keadaan menangis dan setelah kekacauan lama berlangsung, sayapun angkat bicara meski dalam keadaan menangis untuk meminta kesamaan perlakuan dengan teman-teman saya. Setelah efaluasi dinyatakan selesai, sayapun mengikuti penutupan yang di isi oleh pesan dan kesan oleh beberapa peserta salah satunya adalah saya sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh senior dalam hal ini oleh kanda Ibnche. Setelah semua selesai, saya dan seluruh teman-teman saya mengikuti makan pagi bersama dengan panitia, dan setelah itu, sayapun minta untuk diantar ke Yapti, itulah cerita yang dapat saya bagikan semoga LK2 yang saya ikuti ini akan membuat saya menjadi kader hukum yang memiliki intelektualitas dan provesionalesme yang tinggi, bukan kader yang memiliki kwalitas yang tidak jauh beda dengan sosok yang tidak pernah sekola di satuan pendidikan manapun. Namun yang terpenting lewat proses ini saya menemukan jati diri.

Tidak ada komentar: