Sabtu, 10 April 2010

Tips berkomunikasi berdasarkan pengalaman

Sebagai manusia, kita tidak akan diterima oleh masyarakat kalau kita tidak mengetahui apasih teknik-teknik dalam berkomunikasi. Olehnya itu, maka izinkan saya untuk membagikan tips-tips tentang cara saya berkomunikasi sejak saya masih bersekolah SLB-A Yapti sampai sekarang sehingga saya dapat diterima oleh masyarakat setelah saya keluar dari Yapti. Dulu, ketika saya masih di Yapti saya selalu memperoleh kemudahan dalam menyelesaikan keperluan saya dikarenakan saya memiliki cara berkomunikasi yang baik sehingga saya selalu dapat diterima oleh masyarakat. Ketika saya memiliki keperluan dengan teman-teman mitra misalnya dalam hal meminta tolong untuk dibacakan, saya selalu melihat kapan mereka punya waktu kosong dan kapan saya juga punya waktu kosong. Kalau semisal saya hanya punya waktu malam hari mitranya juga siap maloam hari tetapi selalu terkendala, dan apabila dalam kendala tersebut kita dapat menjadi pemberi solusi maka harusnya kitalah yang memberikan solusi sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan kita apalagi kita telah memperoleh kebutuhan yang amat mendesak. Selain itu, kita dan khususnya saya sering bergaul dengan mereka, serta mendalami mjiwa mereka dengan ikut dengan alur mereka kalau misalnya mereka sukanya cerita tentang seks, maka saya juga harus cerita tentang seks. Kalau mereka suka cerita tentang bola meskipun kita tidak punya bakat tentu harus juga mampu paling tidak kita mengimbangi mereka. Saya sering dituduh sebagai pelaku penyuapan terhadap kalangan mitra tetapi semua tidak terbukti dikarenakan karena mereka sendiri yang berfikir negatif terhadap diri saya. Setelah saya beritahukan hal-hal yang menjadi rahasia saya selalu diberi jawaban " nda'bisaka bergaul dengan cara kaya gitu" wawasanku juga kurang dan sebagainya. Itulah untungnya saya memiliki pengetahuan sedikit tentang banyak hal melalui banyak sumbar dan akhirnya bertambah dan bertambah terus.Setelah saya keluar Yapti saya selalu mencoba tips-tips ini dengan terusmenerus melakukan komunikasi di kantin kampus dengan cara sebelum jam kuliah saya sudah ada dikampus karena banyak teman banyak rezeki bantuanpun mudah diperoleh. Namun yang terpenting belajar dan belajarlah terus agar dalam berinteraksi tidak menjadi pendengar tetapi menjadi orang yang di dengarkan. Selain itu, janganlah anda sekali-kali anda menyakiti orang lain dengan mengucapkan kata-kata yang menyakitkan, tetapi buatlah kata-kata yang sangat menyenangkan serta berikanlah ia motifasi-motifasi agar menjadi orang yang sukses. Satuhal lagi, kalau ada 3 orang yang berbeda pendapat, maka janganlah anda salahkan 1 dari 3 orang tersebut, dan berikan jawaban masuk akal bagi ke3 nya contohnya ada 3 orang yaitu a-a a-b a-c. A-a mengatakan bahwa arti daripada kata dilarang keras artinya tidak boleh membenturkan benda dengan benturan yang keras maka kita harus mengatakan iya karena itu akan membuat benda tersebut berat sementara si a-b mengatakan bahwa artinya tidak boleh sama sekali menaruh benda di tempat yang telah dilarang. Maka meskipun jawaban ke 2 itulah yang paling benar tetapi bukan berarti jawaban yang pertama adalah hal yang sama jadi tidak ada yang kita tempati untuk berpihak, sehingga itulah kita akan menjadi sosok yang diterima oleh masyarakat sebagai tunanetra dan tips ini juga mungkin berlaku bagi teman-teman yang awas. Semoga persaudaraan kita akan kokoh kalau kita selalu mengamalkan tips yang saya ramu berdasarkan manfaat yang saya peroleh semoga Allah akan memberisaya kekuatan dalam menjalani hidup dan meningkatkan ilmu saya tentang hal yang berkaitan dengan komunikasi sehingga saya akan diterima oleh kalangan masyarakat di banyak kalangan.

Tidak ada komentar: